24 April 2009

Cara Mencari Backlink Buat Pemula

Sebenarnya ada saja cara mencari backlink. Tapi di sini saya hanya akan menjelaskan sedikit dan cara secara umum saja. Dari pengalaman selama blogging membuatku ingin membuat sedikit catatan buat diriku sendiri dan ku harap mampu memberi sedikit masukan juga buat yang belum tahu.

Backlink, kenapa begitu berarti buat sebuah blog. Tentu yang ingin memaksimalkan blognya. Hal seperti content, tema blog dan optimasinya harus dimaksimalkan sebisa mungkin. Semua hal itu akan berpengaruh terhadap kelanjutan maupun keberhasilan sebuah blog. Tapi kenapa sampai ke backlink juga?

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang SEO dan inti dari SEO tersebut. Jika mengerti, pasti yang namanya backlink sudah merupakan hal wajib. Nach, ini aku punya sedikit referensi tentang apa yang namanya ‘Cara Mencari Backlink Buat Pemula’. Untuk lebih lanjutnya, baca saja artikel saya sampai selesai.

Referensi ini hanya dari seorang newbie. Jadi jika ada master yang kebetulan ikut membaca mohon menambahi saja dan mengoreksinya. Ok! Ini dia cara mencari backlink secara umum.

1. Komentar di blog Dofollow.

Apa itu dofollow. Buat yang belum tahu. Blog dofollow adalah suatu blog yang pada bagian komentarnya di setting atau sengaja dibuat agar setiap link yang ada, entah dari si pengirim komentar maupun link yang ditinggalkan si pengirimnya bisa di index oleh Search Engine yang biasa disebut juga dengan Backlink. Sebenarnya semua blog standart, tidak ada yang memungkinkan adanya backlink lewat komentar. Karena adanya spam yang suka meraja rela, si penyedia blog gratis membuat settingan pada kotak komentar menjadi nofollow yang berarti link yang ada di kotak komentar maupun si pengirimnya tak bisa di index di Google. Untuk cek dofollow atau tidak. Kamu bisa cek di bagian pengirimnya. Blok nama si pengirim, klik kanan dan view selection source (firefox). Jika tidak ada keterangan rel=’nofollow’ berarti blog tersebut merupakan dofollow.

2. Iklan di situs iklan gratis

Teramat sangat jelas. Tapi usahakan iklan di situs yang banyak pengunjungnya. Di samping backlink kita berkualitas. Kemungkinan mendapatkan pengunjung dari iklan tersebut akan bisa sedikit diharapkan.

3. Tukaran link dengan blog lain.

Maksudnya di sini. Kamu minta tukeran alamat url blog kamu dengan blog yang kamu ajak bertukaran. Kalau boleh aku sarankan, buatlah link atau alamat url yang berbentuk text. Jangan berbentuk gambar atau banner. Misalkan saja seperti ini: BelieVe’s Blog.

4. Buat saja dummy blog

Apa itu dummy blog. Sebenarnya aku nggak begitu mengerti juga akan arti dummy tersebut. Tapi intinya seperti ini. Jika kamu pusing cari blog dofollow untuk mencari backlink. Kenapa nggak kamu buat sendiri saja blog tersebut. Tinggal di setting ke dofollow dan komentari sendiri saja. Beres khan. sengihnampakgigi Tapi kendalanya, kita bisa saja membuat blog lagi. Tapi apa nggak repot jika memelihara 2 blog sekaligus. Apalagi blog satu saja nggak pernah beres. Kamu tetap bisa memposting dengan lancar kok. Kalau boleh aku katakan, itu sama ibarat kita memelihara 1 blog. (Kenapa begitu?) Kamu copas ( copypaste) saja artikel di blog utama kamu dan taruh di blog dummy kamu. (Jika seperti itu apa nggak di maki – maki orang. Di kira orang kita orang yang suka copy paste saja) jika ada kasus seperti di maki – maki orang, kamu bisa mencegah hal itu dengan menaruh link blog utama kamu di bawah atikel juga. Contohnya seperti ini:
Sumber Artikel: http://mylovera.blogspot.com.
Link tersebut juga dihitung backlink khan? Lebih simple dari pada muter – muter.
Lihat saja contoh dummy blogku yang dofollow juga. di http://belly-testseo.blogspot.com atau yang pr 2 di multiply yang nofollow di atbefo.multiply.com

NB: Aku sarankan sekali – kali posting dengan artikel yang berbeda dan gunakan blog gratis dari domain yang berbeda juga. Aku nggak tanggung jawab jika di banned.

5. Buat artikel yang berbobot.

Asal saja kalau ngomong. Kenapa sampai membuat artikel yang berbobot juga termasuk cara mencari backlink. Nach, mungkin cara ini sedikit sulit dan aneh buat sebagian orang. Tapi jika mengerti pentingnya pengunjung buat blog. Pasti akan tahu pentingnya membuat artikel yang berbobot juga. Di samping membuat pengunjung betah di rumah. Ternyata ada kemungkinan juga artikel yang kita buat akan di copas orang lain. Tapi pastinya sedikit lebih sulit. Kendalanya bisa saja karena buat para pengunjung menganggap artikel kita termasuk dalam artikel biasa – biasa saja atau yang lebih parah. Mungkin saja artikel kita sudah di copy tapi tak menyertakan sumber artikel yang terkait. Tapi nggak ada ruginya juga khan membuat artikel yang berbobot.

Mungkin hanya itu saja cara – cara umum yang bisa kita pakai buat mencari backlink. Untuk cara khusus bisa Anda pelajari lebih lanjut dari para master lainnya.

Semoga Membantu.senyum


Baca Artikel lainya:

4 comments:

lika liku anak desa said...

salam.. wah bener juga .. daku kopas boleh ga artikelnya ? tenang aja daku pasti nyantumin yang empunya, alias dikau ? gimana?

zen said...

wah bagus mas blognya!
BTW ini blonya kan dofollowkan????
tukeran link ya mas!
free software http://freesoft-zen.blogspot.com

UnGu said...

thanks yah infonya

laskar awan said...

thanks infonya sob.saya juga pemula.mampir ke blog saya ya