16 January 2009

Master Reset S60 (Nokia Symbian)

Beberapa kali memiliki kerusakan error pada hp membuat penulis kadang kala merasa jengkel. Sempat kebingungan juga ketika memiliki hp N70 (Baru pertama kali memiliki hp dengan fungsi lebih) yang awalnya biasa saja lama kelamaan error karena kebanyakan nyoba aplikasi sengihnampakgigi. Ternyata selain Flash atau di konter - konter hp sering dibilang dengan format ulang menggunakan PC, masih ada alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk mengformat Hp ke kondisi awal (Default). Mungkin untuk pengguna mobile yang sudah lama pegang, cara ini tergolong jadul atau ketinggalan jaman banget. Maaf aku juga baru seorang newbie jadi masih suka pamer.sengihnampakgigi Jangan bosen buat baca.senyum

Cara untuk mengformat Hp ini tergolong mudah tanpa memerlukan bantuan orang lain. Setahuku cara ini bisa digunakan untuk Hp Nokia Symbian 60 semua versi. Tapi maaf, mungkin saja aku yang belum tahu atau ada kebijaksanaan lain dari Nokia senyum.

1. Saat hp dalam keadaan On
Tekan tombol *#7370#. Kalau diminta kode pengaman berarti kita sudah berhasil. Masukan saja angka 12345 ke kode pengaman yang diminta (Kode pengaman Standart Nokia). Kalau sudah seharusnya hp akan merestart otomatis dan mengformat.

2. Saat hp dalam keadaan Off
Tekan *(bintang) & angka 3 & panggilan secara bersamaan lalu nyalakan hp (Jangan melepas 3 tombol tersebut sampai ada keterangan "Formating" pada layar). Kalau sudah seharusnya hp akan memformat otomatis.

NB: Mohon memback up semua data yang berada di memory ponsel, karena sewaktu formating semua data di ponsel akan ikut terhapus.

Buat yang memiliki hp dengan keterangan "memory penuh" saat mencoba menerima suatu data file (Mp3, video atau foto) juga bisa kembali seperti semula. Tapi ada kemungkinan beberapa aplikasi yang sudah diinstall tidak bisa dijalankan (Aplikasi yang diinstall atau salah satu komponennya berada di system C: Hp).





Baca Artikel lainya:

0 comments: