05 April 2009

Fungsi dan Peranan Backlink untuk Pemula

Pada saat awal blogging dulu yang aku lakukan hanya buat artikel yang berguna buatku saja tanpa memikirkan bakal ada orang berdatangan. Hingga aku sadar kalau ada orang lain juga yang tertarik pada atikelku. Aku sudah mulai memperbaiki segala bentuk penulisan maupun gaya bahasa agar orang lain bisa mengerti dengan apa yang aku tulis.

Memang saja, dari satu orang bertambah lagi dengan yang lain. Tapi semua itu berhenti ketika alexarankku yang berada di angka 12 jutaan. sengihnampakgigi Malu sebenarnya jika harus membuka kartuku dulu. Malah sempat juga aku memiliki alexarank 20 juta. Wah, kalau berwujud uang sich gak papa. La ini??soal

Sesaat setelah itu, aku buka kembali Tehnik Search Engine untuk mencari artikel tentang “Cara mendatangkan pengunjung”. Walau nggak melejit secara langsung. Tapi SEO yang dari arti SEO hingga pengamalannya sudah kudapat dan kulakukan. Memang kuakui sich. Aku belum begitu menguasahi tehnik SEO menyeluruh. Tapi pada kenyataannya alexarankku mulai turun lagi setelah apa yang aku lakukan dan mungkin karena hal itu juga aku mendapatkan pagerank satu. Aku lupa kapan ya dapat pagerank tersebut.

Awalnya ku pikir kalau semua itu akan terus berjalan lancar. Tapi pada kenyataannya, alearankku berhenti lagi di angka 4 jutaan. Aku bingung juga kenapa dengan blogku. Aku mulai lagi mempelajari SEO dari mas bayu hingga ke seluruh master SEO lainnya sekali lagi. Hingga aku sadar kalau ada satu hal yang terlupa yaitu Backlink. Buat yang belum mengerti arti backlink bisa cari di mbah google.

Ternyata dari hal itulah aku mengerti satu hal. Blogku nggak akan pernah terkenal seperti yang buat jika nama blogku saja nggak ada yang tahu. Backlink yang aku tahu mempunyai fungsi untuk membuat jalan yang mengarah pada link yang kita buat. Sedangkan peranannya sendiri bisa membuat orang datang ke blog kita yang kemudian membuat traffic blog kita juga ikut menanjak.

Backlink yang sempat aku dengar dari bisik – bisik para tetangga. Ternyata juga bisa mempengaruhi pagerank di blog kita. Mungkin karena hal itu juga makanya aku membuat blogroll yang aku maksudkan agar bisa saling bertukar link dengan blogger lain. Kok nggak nyambung???

Backlink sendiri nggak hanya mempunyai maksud meninggalkan link ke blog kita saja. Untuk backlink yang memang disebut backlink oleh mbah google. Aku mempunyai 3 cara yang biasa aku pakai. Semua cara ini yang gratis dan hanya membayar biaya internet saja.

  • Main dan berkomentarlah di blog dofollow. Search saja di google dengan format “daftar blog do follow” pasti ada. Jangan lupa menuliskan link website kamu.
  • Iklan di situs iklan yang pengunjung atau pemasang iklannya keterlaluan. Contohnya: iklanhouse.com
  • Tukeran link dengan blogger lain. Tapi ingat, usahakan untuk memilih blogroll yang berada di sidebar atau footer. Kalau di postingan atau menu tab link kamu mau ya nggak papa. Seperti mas rozy yang blogrollnya memang nggak berada di sidebar atau footer tapi tetap saya buat blogroll dengan tujuan saling silaturahmi dan saya maklum juga kalau saya hanya seorang newbie dan tak berharap lebih dari itu.

Hanya dengan 3 cara itu saja aku terus mencari backlink. Entah berhasil atau tidak pada kenyataannya bisa Anda lihat sendiri pada alexarankku dan mungkin juga pagerank satuku yang nggak tambah – tambah.hik..

Ulasan tersebut hanya sebuah referensi dari seorang blogger newbie. Untuk yang sudah master mohon mengoreksi dan menambahi saja.

Semoga Bermanfaat.


Baca Artikel lainya:

8 comments:

Abi said...

Backlink memang jantung dari SEO, anda silahkan belajar SEO kemana saja atau baca EBOOK SEO apapun pasti backlink akan dibahas, jadi pungutlah backlink sebanyak mungkin dan yang terbaik berasal dari blog yang mempunyai topik sama dengan kita juga PR nya bagus.

Belly said...

Makasih atas sarannya mz abi.

Shabil.com said...

Nice info Vera..
Terima kasih

Mediasiana said...

sama saya jugga belum paham bener soal apa itu dan fungsi backlink, sekarang baru sebatas menulis saja

mp3 download musik said...

owya?? klo gto nyoba ahh,,,

Alfa-omega said...

Masih kabur, sementara ini masih terus belajar sambil jalan. Thanks infonya

Fachri said...

mksh buat motivasinya,jd mkn semangat ngeblog ini hehe
mampir" juga ya di blog saya

bejosatriomangkurondo@gmail.com said...

sipp lanjutt