23 February 2009

Tentang Pagerank

Aku sempat dibuat kaget oleh google. Sewaktu aku lagi iseng melihat website pagerank checker ternyata blogku memiliki pagerank satu. Padahal alexarank saja masih 4 jutaan gitu. Dulu jangankan berharap mendapatkan pagerank, ada yang melihat atau paling nggak secara nggak sengaja terdampar di blogku saja sudah membuatku sangat senang. Apalagi dengan adanya pagerank seperti itu jadi membuatku ingin lebih untuk blogging. Jadi sebenarnya gimana sich cara kerja dan perhitungan google pagerank itu?

Pernah juga aku selidiki dan cari tahu bagaimana cara kerja pagerank itu sendiri. Tapi tetap saja semua nggak membuahkan hasil. Ternyata pagerank hingga saat ini memang masih simpang siur di kalangan para webmaster. Bahkan sempat juga aku membaca kalau semua hal yang dilakukan untuk meningkatkan google pagerank hanyalah sebuah mitos belaka. Benarkah hal itu?

Pagerank yang dulu kupikir hanya sebuah penghias blogsengihnampakgigi. Ternyata mempunyai peranan penting dalam sebuah blog. Terus sebenarnya pagerank itu apaan sich? Jadi usaha seperti apa yang bisa meningkatkan pagerank blog kita?

Pagerank seperti dalam toolbar google berarti suatu halaman yang dianggap mempunyai sisi kepentingan oleh google. Aku sendiri nggak begitu mengerti akan hal itu. Apakah itu berarti content kita yang terlalu penting? Kalau memang seperti itu kenapa ada blog yang bagiku seharusnya mempunyai pagerank tinggi nggak jarang malah belum memiliki pagerank? Dasar. Emang loe mbah google apa, seenaknya saja memutuskan pagerank.ihikhik

Sebenarnya ada perhitungan tertentu dalam pagerank google. Tapi karena perhitungan tersebut masih menjadi simpang siur juga makanya sampai sekarang belum bisa aku postingkan.

Di kalangan para webmaster, pagerank sudah menjadi kewajiban tersendiri. Ada langkah – langkah tertentu yang mereka ambil dalam menaklukan mbah google yang kemudian merambat hingga ke pagerank. Banyak juga yang dari mereka memberikan gambaran supaya gimana caranya pagerank bisa di dapat dengan melalui SEO. Apa kaitannya sebegitu besar antara SEO dan pagerank? Pertanyaan inilah yang selama ini sedang ku cari jawabannya. Para webmaster yang selama ini ku tahu, belum memberikan gambaran yang jelas atas langkah – langkah apa yang bisa kita ambil untuk mendapatkan pagerank di google.

Langkah awal yang ku tahu adalah kita harus meningkatkan tehnik SEO yang katanya bisa membuat traffic blog kita meningkat dan tak menutup kemungkinan pagerank juga.

Jadi begitu pagerank di dapat maka nama blog kita juga akan semakin dikedepankan satu langkah di search engine. Pinter – pinter saja memilih keyword yang tepat dan paling kamu kuasahi kemudian optimalkan menggunakan tehnik SEO. Ini hanyalah referensi dari seorang newbie, mohon untuk para webmaster mengoreksi. Maklum baru pengalaman cupet dan sok tahu banget.senyum



Add to Technorati Favorites

Bookmark and Share


Baca Artikel lainya:

2 comments:

Anonymous said...

Waw hebat ya?
Maz udah q pasang link artikel mu, . Salam blogger

Belly said...

Terima kasih commentnya. Keep learning.